Home Information Technology Drone Diujicoba di Indonesia

Drone Diujicoba di Indonesia

382
0

Sydney – Semakin banyak dilangsungkan uji coba mengirim barang melalui drone. Setelah pelaku usaha e-commerce seperti Amazon atau Rakuten, kini kantor pos Australia juga melakukannya.

Dikutip detikINET dari Reuters, Australia Post telah sukses menguji penggunaan drone untuk mengantarkan paket berukuran kecil. Uji coba akan dilanjutkan dengan mengirimkan barang ke beberapa rumah pelanggan. 

“Kami akan mencoba teknologi inovatif ini dalam beberapa minggu dan bulan ke depan untuk memahami apa yang bisa diantarkannya, seberapa jauh jangkauan dan bagaimana konsumen kami bisa menerima barang darinya,” kata Managing Director Australian Post, Ahmed Fahour.

Sama seperti kantor pos di belahan dunia lain, Australian Post mengalami penurunan dramatis dalam hal kirim mengirim surat atau kartu karena perkembangan teknologi. Maka inovasi semacam ini diharapkan bisa menggairahkan bisnis mereka.

Tahun lalu, Australian Post yang dimiliki pemerintah ini mencatat kerugian USD 171 juta. Padahal dua tahun lalu, mereka masih membukukan banyak keuntungan, sebesar USD 89 juta.

Sebelumnya di Amerika Serikat, retail online terbesar dunia Amazon juga telah mencoba prototipe drone untuk mengantarkan barang. Jangkauannya sekitar 24 kilometer. Selain Amazon, Google, Wal Mart sampai Rakuten juga telah melakukan uji coba serupa.