Home Home Tips Bagi Waktu Buat Pemimpin

Tips Bagi Waktu Buat Pemimpin

290
0

Kegiatan pengusaha yang padat menjadi alasan penting bagi mereka untuk cerdas dalam manajemen waktu. Bukan hanya kerja keras, prioritas dalam tanggung jawab juga bisa membawamu meraih kesuksesan.

Sebenarnya, mengatur waktu bukanlah hal yang sulit. Namun, masih banyak pengusaha yang belum menerapkan itu dengan baik dalam kesehariannya. Oleh karena itu, tak jarang banyak pengusaha yang kelimpungan mengurus keperluannya.

Mengutip dari Business.com, berikut trik yang bisa pengusaha lakukan untuk mengatur waktu sebaik mungkin, simak ya:

  1. Berani meminta tolong

Sebagai seorang pengusaha, kamu harus membuang jauh-jauh rasa malu atau sungkan untuk meminta bantuan. Ketika urusanmu terlalu banyak, dan dirasa tak mungkin untuk menyelesaikannya seorang diri, enggak ada salahnya kok kamu meminta tolong.

Dengan begitu, waktu yang kamu gunakan akan lebih efektif dan manajemen waktu untuk urusan prioritas tak terganggu.

  1. Delegasikan tugas sesering mungkin

Mendelegasikan tugas sedikit berbeda dengan meminta tolong. Kamu bisa membagi tugas-tugasmu dengan tim yang ada. Selain waktumu lebih efisien, membagi tugas bisa membuat anggota tim lebih fokus dalam satu tugas.

  1. Mudah percaya pada tim

Jangan terlalu mudah curiga pada tim kamu sendiri. Ketika kamu sudah memiliki tim yang tepat, enggak salah jika kamu lebih menaruh kepercayaan kepada mereka.

Lantaran banyak para pemimpin bisnis yang kurang percaya pada anggota timnya, dan hal ini membuat mereka menjadi tidak percaya untuk membagi tugas dan alhasil ia kewalahan.

  1. Buatlah daftar tugas dan kegiatan

Langkah selanjutnya adalah buatlah daftar kegiatan dan tugas yang akan kamu dan tim lakukan. Usahakanlah disiplin terhadap tugas tersebut. Hal ini tentunya akan membuat Anda dan tim semakin mudah untuk memiliki manajemen waktu terbaik.

  1. Fleksibel

Jangan menuntut untuk cepat selesai sehingga kamu dan tim memforsir diri. Bukannya selesai, yang ada kamu malah sakit! Boleh bekerja keras, namun harus tetap ingat waktu untuk istirahat. Sedikitlah fleksibel, jika tugas hari ini sudah selesai maka berhentilah, jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas hari esok.