Home Economy Intisari Berita Hari Ini

Intisari Berita Hari Ini

461
0

​PALMERAH, KOMPAS.com – Kamis (25/8/2016) kemarin, berita ringan bertemakan astronomi sempat “mencuri” perhatian pembaca di Kompas.com, yaitu terkait temuan planet layak huni yang dianggap “dekat” dengan sistem tata surya kita.

Dari ranah nasional dan ekonomi, upaya “bersih-bersih” dalam rangka pemangkasan anggaran yang dilakukan Sri Mulyani juga menjadi perhatian pembaca. Berita ini mencuat di luar berita-berita bertemakan Pilkada DKI dan berita sidang pembunuhan Wayan Mirna Salihin.

Sri Mulyani mengatakan, pihaknya menemukan ada tunjangan profesi guru yang over budget mencapai Rp 23,3 triliun. Angka itu menambah keyakinan Sri Mulyani untuk lebih gencar menghemat anggaran. Pemangkasan belanja APBNP diperkirakan mencapai Rp 137,6 triliun.

Dari daerah, ada satu berita kemarin yang perlu Anda tahu yaitu pernyataan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X yang menegaskan bahwa ia tidak pernah mengkhianati Republik Indonesia.

Di luar itu, Indonesia kemarin mengenang penyanyi senior Eddy Silitonga. Ia menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (25/8/2016) pukul 00.05 WIB.

Ada pula kabar produsen “Jessica Coffeemix” yang menghentikan produksi dan menyampaikan permintaan maaf. Dari belahan dunia lain, Anda juga perlu membaca soal Airlander 10, yang diklaim sebagai pesawat terbang terbesar di dunia, jatuh dalam uji terbang keduanya.

Simak 6 berita kemarin yang perlu Anda ketahui berikut ini:

1. Sri Mulyani: Anggaran Tunjangan Profesi Guru Kelebihan Rp 23,3 Triliun